Menyejahterakan Petani, Dimulai Dari Desa Sendiri

 Menyejahterakan Petani, Dimulai Dari Desa Sendiri 


Kabarkebumen.com - Sektor Pertanian sangat penting bagi kehidupan masyarakat. Selain sektor pariwisata, dan UMKM, pertanian juga sangat berkontribusi dalam kestabilan ekonomi di Indonesia dan Kebumen timur khususnya. Hal itupun sangat diupayakan oleh calon anggota legislatif kabupaten Kebumen dari partai perindo yaitu Ferdi Irawan, S.M.


"Betul, Orang tua saya juga petani, saudara dan teman-teman dilingkungan saya juga petani. Jadi saya tahu betul keluh kesah para petani saat ini. Jadi saya tidak perlu menghafal ataupun membuat narasi pencitraan jika berkaitan dengan dunia pertanian. Lah wong saya ngalamin sendiri kok. Diperjuangkan, itu pasti. Sebaik-baiknya hamba allah adalah yang dapat berguna dalam kebaikan untuk sesamanya" ucap Ferdi


Untuk mekanisme dan teknisnya, beliau juga memaparkan kunci kesejahteraan para petani yang ada disekitar kita sendiri tanpa harus dibuat untuk ajang pencitraan. 


" Mekanisme dan teknik pelaksanaannya itu ada disekitar kita, dengan cara membuat skala prioritas dan penyuluhan tentang potensi serta jenis tanaman yang cocok disetiap waktunya. Sebagai contoh, saat memasuki bulan puasa dan lebaran, serta natal tahun baru, harga cabai mahal.


 Tiga bulan sebelumnya, kita harus menanam cabai. Tidak apa-apa serempak, akan semakin mudah untuk menarik pembeli besar jika itu dapat dilaksanakan. Kita bimbing dan kawal mulai dari pra tanam sampai pasca tanam dan panen, termasuk penjualannya. 


Pra tanam, kita bekali dengan pupuk dan benih serta obat-obatan pinjaman, nantinya dibayar setelah panen dan terjual. Jadi, petani tidak terlalu memikirkan mau nanam apa dan bagaimana mengolahnya, serta kita siapkan juga penyuluh pertanian / pendamping / mentor pertanian disetiap jenis tanamannya. Jangan sampai, kita bikin program, tetapi tidak ada pengawal dan pembimbingnya.


 Modalnya seperti di misi saya tentang UMKM, dari BUMDes, maksimalkan peran BUMDes, Para Kades yang terhormat, saya mewakili teman-teman petani, mohon untuk dibantu kesejahteraannya, nanti kami balas dengan doa agar panjenengan beserta perangkat desa dan keluarganya bisa masuk surganya allah tanpa hisab. Tolong dalam musyawarah desa, libatkan para petani, kebutuhan mereka apa, diakomodir lewat Dana Desa yang disalurkan lewat BUMDes, bukan bantuan Cuma-Cuma, melainkan bantuan berbentuk barang baik benih maupun pupuk. 


Jadikan seragam untuk jenis tanamannya, dan terkait pendampingnya, nanti bisa didatangkan dari BPP disetiap kecamatan. Jadi semua yang ada akan bekerja dengan maksimal serta sesuai tupoksinya. Ingat, kami balas dengan doa agar panjenengan semua masuk surganya allah tanpa hisab (jalur VVIP)" tutup Ferdi

Next Post Previous Post

Daftar Isi :

Loading...